JAWABAN UTS PTI
1. Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau
sain dengan mengaplikasikan pengetahuan seintifikke praktis.
Informasi aadalah data yang ter stuktur
Teknologi Informasi, TI (bahasa Inggris: Information and Technologies; ) adalah segala hal yang berkaitan
dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi sebagai alat bantu teknis untuk
memproses dan menyampaikan informasi.
Perkembangan
teknologi informasi:
Ada beberapa tonggak perkembangan
teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TI hingga
saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh aleksander Graham Bell pada tahun 1875.
Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel
yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel
komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif
pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20,
tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel
melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun
segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi
pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen
elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated
electronics) pada tahun 1957.
Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini,
mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok
Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu
perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian
elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang.
Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada
puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi 'otak'
perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat
telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan
menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan
batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi
kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan
perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah
yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur
telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia
mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi -
komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad
ke-18.dicirikan oleh revolusi
industri.
Bila revolusi industri menjadikan
mesin-mesin sebagai pengganti 'otot' manusia, maka revolusi digital (karena
konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia terjadi melalui implementasi
teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya
meningkatkan kemampuan) 'otak' manusia.
PENGELOMPOKAN
TEKNOLOGI INFORMASI
A.
TeknologiMasukan
Teknologi masukan (input technologi) adalah teknologi
yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam system
komputer.Contoh: keyboard, mouse.
B.
MesinPemroses
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor
atau prosesor. CPU merupakan bagian system komputer yang menjadi pusat pengolah
data dengan cara menjalankan program yang mengaturpengolahan tersebut.
A. TeknologiPenyimpanan
Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi 2 kelompok
yaitu:
a.
Memory
Internal (biasa disebut main memory atau memori utama)
Berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data,
program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh
CPU .Contoh: RAM dan ROM.
b.
Memory
Eksternal (penyimpanan sekunder)
Adalah segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan
data secara permanen. Contoh: Hardisk, disket, flashdisk.
D.
Teknologikeluaran
Teknologi keluaran adalah teknologi yang berhubungan
dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil
pengolahan system. Contoh: layar dan monitor.
E.
TeknologiPerangkatLunak
Teknologi perangkat lunak disebut juga dengan program
yaitu deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga
computer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki. Contoh: microsoft
word, Adobe Photoshop, dll
KOMPONEN
SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem
Teknologi Informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan
teknologi informasi.Komponen utamasistem teknologi informasi yaitu:
1. Perangkat
keras( hardware)
2. Perangkat
Lunak (Software)
3. Orang
(brainware)
KLASIFIKASI
SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
A.
Menurut
Fungsi Sistem
a. Sistem
teknologi informasi yang melekat (embedded IT system) adalah system teknologi
informasi yang melekat pada produk lain.
b. Sistem
teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system) adalah teknologi
informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh: ATM
c. Sistem
teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system) adalah system
teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas
yang bersifat umum. Contoh: PC
B.
MenurutUkuran
a.
Super
computer
Super computer adalah jenis komputer yang memiliki
kecepatan proses paling cepat. Bisa digunakan untuk menangani aplikasi yang
melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan untuk peramalan cuaca dan
perancangan roket. Diantara jenis komputer super yang terkenal adalah Cray
(buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White (buatan IBM / International
Business Machine).
b.
Mainframe
Mainframe/ bisa juga disebut komputer
besar, merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan skala besar
untuk menangani pemrosesan data dengan volume sangat besar. Perusahaan komputer
yang menjadi pemain utama pada kelas komputer ini adalah IBM, Fujitsu, dan
Unisys.
c.
Workstation
Komputer Workstation (Terminal kerja)
merupakan mesin yang powerfull. Artinya di komputer ini segala pekerjaan
diselesaikan. Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan
aplikasi perhitungan yang rumit. Komputer-komputer ini menggunakan UNIX atau
beberapa operating system/sistem operasi NT. Komputer-komputerinidilengkapidenganprosesor
RISC yang powerful seperti Digital Alpha atau MIPS.
d.
Mikrokomputer
Komputer mikro adalah komputer personal (personal
computer/PC) yang umumnya single user atau stand alone, namun saat ini
telah banyak PC yang dilengkapi dengan peripheral card untuk
koneksi jaringan atau internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu
komputer yang biasanya digunakan di meja tempat bekerja atau belajar. Dengan
perkembangan teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin kecil dan portabel
seperti notebook yang memiliki kemampuan sama dengan PC desktop. Oleh sebagian
orang, notebook disebut sebagai laptop yang memiliki arti yang sama. Bahkan
saat ini juga terdapat PC tablet, personal Data Asistant (PDA)
atau PC saku (pocket PC) yang kemampuannya hampir sama dengan notebook.
Peran dan manfaat TIdalam bidang pendidikan
. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan
telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang
kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk
menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi
proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi
pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak
terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TI. Sejalan dengan itu
mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book,
e-learning, e-laboratory, e-education,e-libraydan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar
teknologi elektronika digital. Pemanfaatan TI dalam pembelajaran di
Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan
siaran radio pendidikan dan televisi
pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan
pendidikan yang tersebar di seluruhindonesia. menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis,
gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi
kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya
mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah
materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang
berinteraksi baik,sinkron time)
.
2.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan
orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa
alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Sistem
komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak
dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input,
memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output
dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen
yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
3. Perangkat keras komputer adalah semua
bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau
yang beroperasi di dalamnya,
Contoh
perangkat keras
4. perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Teknologi
perangkat lunak disebut juga dengan program yaitu deretan instruksi yang
digunakan untuk mengendalikan computer sehingga computer dapat melakukan
tindakan sesuai yang dikehendaki. Contoh: microsoft word, Adobe Photoshop, dll
5.
Multimedia dan kaitannya
dengan Pembelajaran
Media
mempunyai peranan sangat penting dalam proses pembelajaran.apalagi multi Multimedia merupakan perantara
yang banyak yang terdiri dari gambar ,teks,audio,animasi.video. Multi
media Segala sesuatu yang dapat membantu dan memudahkan
proses pembelajaran. Dengan menggunakan media, seorang guru dapat dengan mudah
menyampaikan materi yang akan diajarkan guna tercapainya tujuan pembelajara.
v Multimedia mampu mengatasi
kelemahan-kelemahan yang terdapat di dalam pengajaran.
v Dalam pemakaian suatu multimedia, pebelajar dapat mengawal sendiri arah
dan alur pelajaran yang hendak dipelajarinya.
v akan tercipta interaksi
pebelajar dengan media yang dipergunakan.
v Pengajaran Berdasarkan Kemampuan
Pebelajar Materi yang dipergunakan bisa untuk melayani setiap individu
berdasarkan kemampuan peserta didik.
v Pebelajar akan mengalami
pengalaman pembelajaran yang berbeda karena pebelajar dapat mengatur kapan suatu
materi isi dari multimedia akan dipelajarinya.
v Menarik dan Menambah Minat
Terhadap materi .
6.
Internet dan kaitannya dengan
Pembelajaran.
Internet (kependekan dari interconnection-networking)
adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem
global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP)
sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang
terbesar dinamakan Internet.
Kaitannya dengan pembelajaran: misalnya
pembelajaran jarak jauh sangat bisa dilakukan cntohnya perkuliahan di Inggris
sekarang mahasiswanya tidak usah ke Inggris tetapi dari rumah sendiri cukup
menghadapi computer.
Jadi dengan adanya internet :
Ø Mempermudah pembelajaran .
Ø Pembelajaran bisa dilakukan dimana saja
Ø Pembelajaran tidak terhalang jarak dan waktu.
http://www.m-edukasi.web.id/2012/06/kelebihan-mutimedia-dalam-pembelajaran.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
http://www.m-edukasi.web.id/search/label/media%20pembelajaran
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Tidak ada komentar :
Posting Komentar