Selamat Datang

Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat

Senin, 02 September 2013

Tugas memilih perangkat keras (hardware)















TOUCH SCREEN
Kehidupan manusia sekarang ini sudah di pengaruhi oleh berbagai kebutuhansecara elektronik ( e- life) diantaranya mengenai teknologi informasi.
Dalam teknologi Informasi di bagi dua perangkat yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
Perangkat keras menyangkut peralatan-peralatan yang bersifat fisik.. peramgkat keras ada dua bagian yaitu ada yang dinamakan piranti masukan dan ada yang di sebut piranti keluaran. perangkat keras ,yang merupakan piranti masukan  (input device).adalah mouse, tracball,pointing stick, touchpad,touhsceen, joystick, lightpen,digititizer.
Dalam kesempetan ini saya akan memaparkan salah satu  piranti masukan ini yaitu mengenai layar sentuh (Touch screen).
Komponen-komponen
Sebuah sistem layar sentuh terdiri atas tiga komponen dasar:
  • panel senso layar sentuh, yang terletak di lapisan luar tampilan dan menimbulkan aliran
  • listrik tertentu tergantung di mana terdapat sentuhan
  • pengontrol layar sentuh, yang melakukan pemrosesan sinyai yang diterima dari panel sensor, kemudian menerjemahkannya ke dalam data sentuhan yang disalurkan kepada prosesor komputer
  • driver perangkat halus, yang menerjemahkan data menjadi gerakan tetikus, memungkinkan panel sensor untuk berfungsi layaknya tetikus, dan menyediakan antarmuka pada sistem operasi computer

Tipe-tipe layar sentuh
Semua tipe layar sentuh melekat pada unit tampilannya. Perbedaanya terletak pada cara mendeteksi sentuhan dan metode yang digunakan dalam memproses input sentuhan.
Capacitive overlay
Di setiap sudut layar terdapat sirkuit yang berfungsi untuk mengukur kapasitansi. Sentuhan yang diberikan oleh jari atau alat penghantar lainnya yang merupakan konduktor pada layar menyebabkan gangguan pada kondisi elektrostatis. Gangguan tersebut menyebabkan perubahan kapasitansi. Perubahan yang terjadi terukur oleh sirkuit dan kemudian dipergunakan untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Tipe ini memiliki daya tahan yang kuat serta tampilan yang jernih.
Guided acoustic wave
Alat ini bekerja dengan mentransmisikan gelombang akustik melalui lapisan atas kaca yang ditempatkan diatas layar tampilan. Ketika suatu alat yang memiliki daya penghantar seperti jari terkontak dengan gelombang, maka transmisi gelombang akustik terganggu oleh jari. Gangguan menyebabkan pengurangan amplitudo dimana pengurangan tersebut diidentifikasi oleh control electronics untuk mendeteksi lokasi sentuhan.
Resistive overlay
Unggul dalam daya tahan khususnya terhadap perlakuan kasar dan harga yang terjangkau. Tersusun atas dua lapisan tipis yang terbuat dari kaca atau polyester yang diselubungi dengan material penghambat dan dipisahkan oleh titik-titik pemisah yang tidak terlihat. Pada resistive overlay, arus listrik mengalir pada seluruh bagian layar. Ketika tekanan diberikan pada layar, kedua lapisan tersebut saling berhimpitan yang kemudian menyebabkan perubahan aliran arus listrik. Melalui perubahan tersebut lokasi sentuhan terdeteksi.
Scanning infrared
Dalam bingkai sentuhan atau layar terdapat jajaran diode cahaya dan transistor foto yang masing-masing diletakan di dua sisi yang berlawanan untuk menghasilkan sebuah kisi dari cahaya infra merah yang tidak terlihat. Ketika jari atau alat penghantar lainnya memasuki kisi tersebut, cahaya infra merah yang dipancarkan diode cahaya terhalangi. Foto transistor mendeteksi hilangnya cahaya dan mentransmisikan sinyal yang mengidentifikasi koordinat x dan y dari letak jari atau alat penghantar tersebut.
Near field imaging (NFI)
Tipe ini menggunakan alat atau sirkuit pendeteksi sentuhan yang canggih untuk mendeteksi sentuhan. Alat atau sirkuit tersebut memiliki tingkat ketepatan tinggi dalam menggunakan data dan memproses gambar untuk menghasilkan profil yang tepat atas sentuhan yang diberikan.
Surface acoustic wave
Bekerja dengan mengirimkan gelombang akustik melalui panel kaca yang dilengkapi dengan beberapa transduser dan reflektor. Ketika jari bersentuhan dengan gelombang akustik, gerakan gelombang mengalami perubahan. Perubahan ini kemudian digunakan untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Keunggulan tipe ini adalah memiliki tingkat kejernihan yang paling tinggi serta daya tahan yang baik. Namun, sensitif terhadap kotoran yang menempel.
http://id.wikipedia.org/wiki/Bekasi: Hear- mus-ic touchcreen.jpg ctrl-clik to follow link


Penggunaan layar sentuh
Tauch screen bisa bekerja apabila dioperasikan dengan baik.Untuk mengoperasikan Touch screen ,seorang pengguna haarus menyentuh gambar-gambar atau huruf-huruf maka tampilan yang diinginkan akan tampil
Layar sentuh selain digunakan pada perlengkapan pribadi ,seperti Komputer, HP, Televisi,juga banyak digunakan di tempat Umum (pasilitas umum), misalnya di Rumah Sakit, Di Bank, Di Bandara bahkan di Restoran juga ada
 
 CONTOH GAMBAR MENGGUNAKAN LAYAR SENTUH



Tauch screen bisa bekerja apabila dioperasikan dengan baik.Untuk mengoperasikan Touch screen ,seorang pengguna haarus menyentuh gambar-gambar atau huruf-huruf maka tampilan yang diinginkan akan berganti. Untuk melindungi layar dari goresan maka pergunakanlah anti gores


Keuntungan dan kerugian penggunaan
Pfauth dan Priest (1981) menyebutkan keuntungan dan kerugian dari digunakannya perangkat layar sentuh, yang antara lain sebagai berikut:
Keuntungan
  • Terdapat kontrol dan interaksi langsung antara indera penglihatan dan indera peraba masukkan dan keluaran yang dihasilkan terdapat pada satu lokasi yang sama)
  • Adanya kemampuan untuk memasukkan dan mengawasi data secara cepat
  • Karena penggunaannya mudah, tidak diperlukan terlalu banyak pelatihan pengguna dalam mengoperasikan sistem layar sentuh
  • Hanya pilihan yang valid dan mungkin untuk diterima yang dapat ditampilkan
  • Mudah diterima oleh penggunanya
  • Tidak dibutuhkannya daya ingat penggunanya
Kerugian
  • Besarnya biaya pengembangan sistem layar sentuh sebagai teknologi yang belum lama digunakan dalam barang-barang yang diproduksi secara massal
  • Membutuhkan tambahan waktu dalam proses pemrogramannya
  • Kurang fleksibel untuk beberapa jenis masukkan tertentu
  • Kesalahan pada gambar yang ditampilkan akan menimbulkan kesalahan pengoperasian
  • Kelelahan yang dirasakan akibat mendekati layarsecara berulang kali
  • Jari tangan seringkali menutupi tampilan visual layarl
  • Diperlukannya metode-metode baru dalam pemrograman perangkat halts 




SEKIAN TERIMA KASIH

Tidak ada komentar :

Posting Komentar