Selamat Datang

Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat

Kamis, 12 September 2013

Tugas Memilis Perangkat Lunak (MS Access Database)







ACCESS DATA BASE
Pengertian access yaitu merupakan salah satu program dari microsoft yang berguna /tujuan utamanya untuk mengelola database. dan biasanya Microsoft access otomatis akan include “ada” ketika sobat menginstall microsoft office.
jika berbicara tentang microsoft office access maka secara sederhana kita bisa mengikuti perkembangan dari microsoft itu sendiri, hal yang paling kelihatan biasanya dari segi tampilan antara ms office 2003 dengan ms office 2007 mempunyai banyak perbedaan dari segi tampilan. serta cara penggunanya yang sedikit berbeda tapi pada intinya sama.

 


Belajar Mengenal Database Access
pengertian Database
  1. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
  2. Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan olehpara pengguna.

Database merupakan sekumpulan data /informasi yang terdiri dari 1 atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu tabel dengan tabel yang lain. adapun format type dari ms access biasanya berupa file berektensi .accdb (access database). seperti dari pengertiannya tadi dalam database terdiri dari tabel-tabel penyusun yang terdiri dari :
  1. Field : tempat data atau informasi dalam kelompok sejenis yang dimasukkan atau di inputkan pada bagian kolom tabel. misal field nama siswa
  2. Record : kumpulan dari beberapa field yang saling berhubungan dalam bentuk baris dan dalam satu tabel bisa terdiri dari beberapa record. misal dalam tabel siswa recordnya nama siswa dan alamat lengkapnya.
Adapun dalam pengoperasian data tebel dalam database access biasanya di dukung objek database lainnya, yang di antaranya :
  • Query : objek database yang berfungsi menampilkan, mengedit, dan menganalisa data dengan cara lain
  • Form : objek database yang di gunakan untuk membuat kontrol2 untuk memasukan, memeriksa dan memperbarui data
  • Report : objek yang digunakan untuk menampilkan data yang telah di format sesuai kebutuhan sobat.
  • Macro : rangkaian perintah yang dapat disimpan dan dijalankan otomatis, misal : membuka form, mencetak report.
Konsep Dasar Database
Konsep dasar database adalah kumpulan dari catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur database: ini dikenal sebagai database model atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah yaitu mewakili semua informasi dalam bentuk tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel.
Tipe Database
Terdapat 12 tipe database, antara lain Operational database, Analyticaldatabase, Data warehouse, Distributed database, End-user database, External data base, Hypermedia databases on the web, Navigational database, In-memory data bases, Document-oriented databases, Real-time databases, dan RelationalDatabase.
Thekicker96’s.blog
SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar :

Posting Komentar